Animated Cool Shiny Blue Pointer

Home

Rabu, 29 Februari 2012

tips jantung sehat

Saat ini penyakit jantung semakin tidak mengenal usia, orang yang masih muda bisa terkena penyakit jantung. Untuk itu ketahui langkah-langkah apa yang sebaiknya dilakukan agar jantung tetap sehat.

Tahukah Anda, menurut laporan WHO, dari 58 juta orang yang meninggal pada tahun 2005, sepertiganya (19 juta orang) meninggal karena penyakit jantung? Di Indonesia, Survei Kesehatan Rumah Tangga menunjukkan persentase orang yang meninggal karena penyakit jantung pada tahun 1980 adalah 11,6 persen, kemudian meningkat menjadi 41,2 persen pada tahun 2001. Angka-angka itu memberi peringatan kepada kita agar lebih waspada terhadap berbagai faktor risiko penyakit jantung dan berupaya untuk mencegahnya.


Dr Manny Alvarez menuturkan penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian tertinggi bagi perempuan maupun laki-laki. Salah satu pencegahan yang bisa dilakukan adalah menghindari faktor risiko dan mengenal gejala yang muncul.
Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga jantung agar tetap sehat, seperti dikutip dari Foxnews, Kamis (2/2/2012) yaitu:
1. Menjaga kolesterol: Kolesterol adalah bagian penting dari tubuh sehat yang memproduksi membran sel dan beberapa hormon. Tapi jika terlalu banyak bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koronen dan serangan jantung.
LDL (kolesterol jahat) yang terlalu banyak di dalam darah bisa membentuk plak dalamarteri yang membuatnya jadi kurang fleksibel. Jika arteri sempit, serangan jantung atau stroke bisa terjadi.

2. Tinggalkan Rokok: Banyak studi menunjukkan rokok adalah penyebab utama penyakit jantung koroner, karena bisa meningkatkan tekanan darah dan cenderung membuat darah membeku. Risiko perokok kena penyakit jantung adalah 2-4 kali lipat lebih besar ketimbang non-perokok. Jika setelah operasi bypass masih merokok, maka berisiko kena masalah jantng berulang.
3. Melakukan Aktifitas Fisik Secara Teratur: Kegiatan seperti berenang, berlari, bersepeda, menari atau berjalan kaki bisa membantu jantung tetap sehat. Menurut American Heart Association, orang berusia di atas 18 tahun sebaiknya mendapatkan waktu 30 menit untuk aktivitas fisik dan setidaknya 5 hari dalam seminggu.
4. Pola Makan Sehat Dan Seimbang: Pola makan yang benar sangat penting untuk menjaga jantung tetap sehat. Diet sehat disini memiliki penekanan pada lemak sehat, buah-buahan dan sayuran, serta mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond, walnut dan pistachio setiap hari.
5. Konsumsi Ikan 3 Kali Seminggu: Ikan seperti salmon, tuna dan mackerel memiliki asam lemak omega 3 yang dikonsumsi 3 kali seminggu sangat baik untuk melawan penyakit jantung. Keseimbangan antara omega-3, omega-6 dan omega-9 adalah kombinasi yang kuat untuk mengurangi penyakit jantung.
6. Menjaga Berat Badan Tetap Seimbang: Memiliki berat badna yang sehat bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung, bahkan pengurangan berat badan sekecil apapun membantu menurunkan risiko. Kehilangan 10 persen berat badan secra signifikan menurunkan tekanan darah dan risiko diabetes yang menjadi faktor risiko penyakit jantung.
Mempertahankan berat badan yang sehat adalah menyeimbangkan energi yang dikeluarkan melalui latihan dan kegiatan sehari-hari dengan kalori yang dikonsumsi.
7. Mengukur Tekanan Darah Secara Teratur: Tekanan darah tinggi yang terus menerus dalam jangka waktu lama bisa merusak jantung dan pembuluh darah. Mayo clinic merekomendasikan orang dewasa untuk memeriksa tekanan drah setiap 2 tahun.
Selain itu sebaiknya diimbangi dengan perubahan gaya hidup seperti mengatur asupan natrium, aktivitas fisik secara teratur serta melatih diri untuk melakukan meditasi dan yoga sebagai cara mengelola stres yang baik.
8. Konsumsilah cokelat pekat. Kebanyakan pabrik pembuat cokelat menghilangkan padatan cocoa alami, yang dapat membuat cokelat berwarna gelap tidak menarik, dan menghilangkan flavanol karena ia terasa pahit. Padahal, cocoa dan flavanol yang membuat cokelat menjadikannya makanan penyehat jantung.
Avokad sebaiknya dimakan langsung dalam keadaan segar. Mengonsumsi irisan-irisan avokad lebih baik daripada avokad yang dibuat jus. Bubuhkan sedikit gula, sebab gula dapat mengurangi kadar magnesium.
Cara mengolah ikan perlu diperhatikan agar omega-3 ikan tak banyak terbuang. Pemasakan ikan yang terbaik ialah dengan dipepes, dikukus, ditim, atau dipanggang.
 
Sumber: detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tuliskan Komentar yang Membangun, Terima Kasih