1. Terowongan Laerdal
Lokasi: Sogn og Fjordane, Norwegia
Latar Belakang: Sekitar 5.000 ledakan berbeda dilakukan selama fase konstruksi Terowongan Laerdal, yang membentang di bawah pegunungan Norwegia dan fjord sepanjang 15 mil, dan ini merupakan terowongan yang dibangun dengan waktu terlama di dunia.
Mengapa Unik : Berkendara melalui terowongan selama 20 menit bisa sangat monoton, sehingga tim psikolog dan insinyur terfokus pada bagaimana mempertahankan konsentrasi pengemudi. "Reaksi psikologis seseorang di dalam terowongan sangat penting ... hal itu membuat perbedaan antara orang-orang menerima fasilitas atau hanya sekadar menghindari hal itu," kata Youssef Hashash, profesor Teknik Sipil dan Lingkungan di University of Illinois, yang telah bekerja 10 proyek terowongan yang berbeda. "Mengingat panjangnya terowongan ini, Anda memerlukan lingkungan yang dirancang dengan hati-hati dan sistem pencahayaan yang baik." Beberapa solusi yang digunakan dalam terowongan Laerdal termasuk lampu biru terang dan tikungan tikungan halus yang terus membuat driver konsentrasi. Paling penting adalah kenyataan bahwa terowongan ini dibagi menjadi beberapa bagian yang berbeda, bisa mengistirahatkan pengemudi dan menciptakan kesan bahwa penumpang bepergian melalui beberapa terowongan yang lebih kecil.
2. Terowongan Channel
Location : Coquelles, Perancis
Latar
Belakang: Umumnya dikenal sebagai Chunnel, truktur raksasa ini
menghubungkan Inggris dan Perancis. Selesai pada tahun 1994, terowongan
31-mil ini menghabiskan biaya melebihi $ 20 miliar.
Mengapa
Unik : Menghubungkan Perancis dan Inggris melalui Selat Inggris
adalah sebuah ide yang telah dicetuskan ratusan tahun yang lalu. "Ada
usaha-usaha sebelumnya untuk membangun terowongan di sini, tapi mereka
berhenti karena berbagai alasan, baik teknis dan politik," kata
Hashash. setelah diketemukan teknologi modern, dan menimbang manfaat
jika kedua negara dapat dihubungkan, maka dimulailah mega proyek ini.
Karena panjangnya, desainer membangun terowongan lain yang lebih kecil
untuk jalan melarikan diri jika terjadi kebakaran atau kecelakaan di
dalam terowongan.
3. Terowongan Zion-Mount Carmel
Lokasi : Zion Canyon, Utah
Latar
Belakang: Pengemudi akan menemukan struktur ini di antara Gunung Sion
di Taman Nasional Utah dan Bryce Canyon National Park.
Mengapa
Unik: Serangkaian jendela berukir menghiasi sisi terowongan sebagai
sarana pengemudi menikmati pemandangan. "Ketika Anda meninggalkan Sion
menuju ke Bryce, Anda mendaki jalan ini dan pergi melalui terowongan
yang indah ini. Anda dapat melihat formasi batu karang dan pemandangan
cantik," kata Hashash. Karena terowongan dibangun menembus batu
pasir, yang relatif soft rock, insinyur harus memperkuat struktur
beberapa kali selama 80 tahun, menambahkan rusuk beton dan sistem
pemantauan 24 jam.
4. Terowongan Smuggling
Lokasi : Tijuana, Mexico
Latar
Belakang : Penjahat telah menggunakan terowongan bawah tanah untuk
melakukan segala macam kejahatan, termasuk perampokan bank dan
penyelundupan narkoba. Selama dekade yang lalu, terowongan
penyelundupan telah ditemukan di wilayah AS, berasal dari Kanada dan
Meksiko.
Mengapa
Unik : Pada bulan Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko
menemukan terowongan sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS,
meskipun tidak selesai, terowongan ini sudah dilengkapi dengan
pencahayaan, sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah
pernyataan dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa
terowongan dibangun selama dua tahun.
5. Marmaray Tunnel
Lokasi : Istanbul, Turki
Background:
Konstruksi terowongan antarbenua ini dimulai pada tahun 2004, tetapi
penemuan-penemuan arkeologi dari zaman Bizantium dan rintangan lainnya
telah menunda penyelesaiannya.
Mengapa
Unik : Terowongan tabung terbenam ini akan menjadi yang pertama yang
menggabung dua benua yang berbeda, yang berjalan dibawah Selat
Bosporus untuk menghubungkan sisi Eropa Istanbul dengan sisi Asia.
Terowongan Marmaray merupakan terowongan tabung terbenam terdalam di
dunia, dengan kedalaman maksimum 180 meter.
6. Thames Tunnel
Lokasi : London, Inggris
Latar
Belakang: Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak
mengesankan; panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat
dibandingkan dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah
tonggak sejarah dalam terowongan rekayasa.
Mengapa
Unik : "Ini adalah terowongan bawah air pertama, dan itu adalah
pertama kalinya konsep perisai tunneling digunakan," Hashash
menceritakan. "Ini adalah tonggak utama." Perisai tunneling adalah
suatu alat yang dikembangkan oleh Sir Marc Isambard Brunel yang
berfungsi sebagai dukungan sementara struktur, konstruksi yang
memungkinkan kru untuk aman, dan datar, menginstal sistem dukungan
permanen di bawah air. Membangun Terowongan Thames itu seperti hal yang
baru pada awal abad ke-19 bahwa pengunjung akan membayar untuk bisa
masuk di dalam lokasi konstruksi, dan bahkan Brunel konser dan jamuan
makan di dalam struktur yang belum selesai. Ketika terowongan selesai
pada 1843, Ratu Victoria memberikan gelar kebangsawanan kepada Brunel
untuk jasanya dalam dunia konstruksi.
7. Seikan Tunnel
Lokasi : Honshu, Japan
Latar
Belakang : Terowongan sepanjang 33,5-mil ini menghubungkan pulau
Honshu dengan pulau Hokkaido. Konstruksi selesai pada tahun 1988.
Mengapa
Unik : Terletak di 787 meter di bawah permukaan laut, Seikan Tunnel
adalah terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang 33,5
mil membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian
kawasan geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para
insinyur dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk
menghancurkan dan menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.
8. Yerba Buena Island Tunnel
Lokasi : Bay Area, California
Latar
Belakang : Yerba Buena Island adalah sepotong kecil tanah kosong di
San Francisco Bay, antara Oakland dan San Francisco. Sebuah jembatan
lima jalur di satu sisi, dengan dua jembatan gantung di sisi lain.
Mengapa
Unik : Dengan diameter 76 kaki, Yerba Buena Island adalah terowongan
tunggal terluas di dunia, dibuka pada bulan November 1936. Hashash
berspekulasi bahwa menambahkan terowongan itu yang paling menghemat
biaya dan suatu solusi memungkinkan untuk melewati pulau, daripada
hanya membangun satu jembatan besar.
9. Infiltration Tunnels
Lokasi : 38th Parallel DMZ
Latar
Belakang : Tiga terowongan yang berbeda itu ditemukan merayap di
bawah zona demiliterisasi Korea, salah satu perbatasan paling
diperdebatkan di dunia, sepanjang tahun 1970-an. Semua tampak berasal
dari Korea Utara, dan kemudian, pada tahun 1990, terowongan keempat
ditemukan.
Mengapa
Unik : Invasi Ketiga Terowongan, juga disebut sebagai Terowongan
Ketiga dari Agresi, dimulai 26 mil dari Seoul, Korea Selatan. Rute
bawah tanah Korea Utara menyediakan sarana untuk meluncurkan serangan
militer besar-besaran, dan terowongan yang cukup besar untuk
antar-jemput seluruh divisi militer. GlobalSecurity.org memperkirakan
bahwa sebanyak 20 terowongan pengganggu di DMZ; menmbah genting
hubungan antara Utara dan Korea Selatan.
10. Natural Tunnel
Lokasi : Natural Tunnel State Park, Virginia
Latar
Belakang: Pembangunan terowongan ini dimulai jutaan tahun yang lalu,
ketika asam karbonat mulai menggerogoti batu kapur dan dolomit
bedrock. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal geologi pada
tahun 1832 adalah dokumentasi pertama dari keberadaan terowongan ini.
Mengapa
Unik : Terowongan dengan lebar 200-kaki ini besar untuk menampung
kereta api, sehingga pada tahun 1906 dibangun jalur Selatan Kereta Api
penumpang yang melalui struktur alam ini. Hari ini, kereta api
penumpang tidak lagi digunakan, tetapi pengangkutan terus untuk
mengangkut batu bara melalui terowongan secara teratur. Karena kagum
terhadap struktur alam ini, William Jennings Bryan, calon presiden
tahuna1896 dan Woodrow Wilson's menteri luar negeri, menyatakan itu
adalah keajaiban dunia ke delapan.
11. Eisenhower–Johnson Memorial Tunnel
Lokasi : Clear Creek County, Colorado
Latar
Belakang : Pengemudi akan menemukan ini terowongan dengan panjang
1,67 mil, sekitar satu jam di sebelah barat Denver di tengah-tengah
Rockies. Dibuka pada tahun 1973, menyingkat hampir satu jam
dibandingkan rute alternatif melalui Loveland Pass.
Mengapa
Unik : Ada banyak hal yang membuat Eisenhower Tunnel menonjol,
seperti dengan ketinggian 11.158 kaki, yang menjadikannya salah satu
terowongan yang tertinggi di dunia, serta fakta bahwa itu adalah
terowongan gunung terpanjang di AS. Menambah struktur's mistik adalah
bahwa ia memotong di bawah Continental Divide, titik di mana
badan-badan air yang mengalir ke Pasifik dibagi dari tubuh air yang
mengalir ke Atlantik.
12. Cheyenne Mountain Complex
Lokasi : El Paso County, Colorado
Latar
Belakang : Jauh di perut Cheyenne Mountain adalah sebuah kota-seperti
kompleks militer yang pernah menjadi pusat Pertahanan Luar Angkasa
Amerika Utara (NORAD). Dirancang selama puncak Perang Dingin,
fasilitas ini dimaksudkan untuk menahan ledakan nuklir dan dilengkapi
dengan fitur mandiri, seperti menyediakan pasokan air dari mata air di
gunung.
Mengapa
Unik : Karyawan di kompleks ini bolak-balik setiap hari menyusuri
terowongan sekitar 2000 kaki, perjalanan melalui beberapa pintu
ledakan seberat 25-ton di sepanjang jalan. Para Insiyur membangun
terowongan ini dengan menembus batu granit padat. Fasilitas ini dibuka
pada tahun 1966. "Granit merupakan batu yang sangat keras," kata
Hashash. "Untuk struktur pelindung itu sangat baik."
13. MailRail
Lokasi : London, Inggris
Latar Belakang: Beberapa kantor pos di bawah tanah telah bereksperimen dengan pengiriman surat. USPS digunakan pada sistem yang rumit selama awal abad ke-19, tapi London mengambil pendekatan yang sama sekali berbeda dan membangun rel kereta skala bawah tanah yang digunakan hanya untuk paket.
Mengapa Unik : Sekitar 23 mil kereta surat lagu berlari sepanjang MailRail, dan terletak 70 meter di bawah hiruk pikuk keramaian dan jalan-jalan di London. Selama masa kejayaan sistem ini, kereta listrik tak berawak menyeret sebanyak 4 juta huruf perhari. Kereta bisa membuat itu dengan melalui 6,5 mil-terowongan dalam waktu kurang dari setengah jam, berhenti di sembilan stasiun yang menyortir surat di sepanjang jalan. Penggunaan sistem di turunkan secara bertahap hingga tahun 2003, ketika terowongan dan rel ditinggalkan karena kendala biaya.
14. Tokyo Bay Aqua-Line
Lokasi : Kawasaki City, Jepang
Latar
Belakang: Jembatan dengan panjang hampir 3-mil ini masuk ke
6-mil-terowongan di wilayah rawan gempa bumi. Struktur dibuka untuk lalu
lintas pada tahun 1997, berfungsi sebagai sarana komuter antara
Kawasaki dan Kisarazu Kota Kota kurang lebih 45 menit sekali jalan.
Mengapa
Unik : Sementara kombinasi jembatan dan terowongan ada di seluruh
dunia, tempat istirahat besar dibangun di atas sebuah pulau buatan di
pintu masuk terowongan ini membuat Aqua-Line berdiri di antara mereka.
Pulau, yang disebut Umi-Hotaru, yang diterjemahkan menjadi
"kunang-kunang laut," bertindak terutama sebagai tempat istirahat yang
terdiri dari toko-toko dan restoran, dan dek pengamatan yang tampak di
teluk.
15. PATH Tunnel System
Lokasi : Toronto, Canada
Latar
Belakang : Kanada pada musim dingin bisa brutal, tapi tunel ini
menyediakan kompleks bawah tanah yang sangat besar dengan cepat dan
hangat untuk sampai pada pusat kota Toronto. Lebih dari 100.000
penumpang setiap hari melewati sistem mal bawah tanah serupa, yang
merupakan rumah bagi lebih dari 1200 toko ritel.
Mengapa
Unik : Beberapa kota, termasuk Houston, Minneapolis dan Montreal,
memiliki sistem bawah tanah yang serupa, tetapi Toronto membuat
terowongan yang terbesar, sekitar 16 mil. Akuntansi untuk
faktor-faktor psikologis adalah suatu pertimbangan penting untuk
kompleks ini, Hashash berkata, terutama ketika berorientasi ke pejalan
kaki dengan keberadaan mereka dengan tepat. Toronto mengembangkan
sistem signage komprehensif untuk kompleks terowongan selama tahun
1990-an, dan setiap huruf di sesuaikan dengan warna dan
merepresentasikan arah yang berbeda. Komuter berjalan melalui bagian
merah dapat yakin mereka menuju selatan, sementara oranye akan
menunjukkan bahwa mereka sedang berjalan ke barat.
16. Cu Chi Tunnels
Lokasi : Cu Chi, Vietnam
Latar
Belakang : ini labirin terowongan luas yang memainkan peranan penting
dalam strategi Vietkong selama kedua Perang Indochina Perancis dan
Perang Vietnam. Perkiraan pada ukuran sebenarnya terowongan berkisar
lebih dari 150 mil.
Mengapa
Unik : Sistem terowongan Vietkong dibangun di seluruh Vietnam, tapi
terowongan di Cu Chi telah menjadi tujuan wisata yang populer dalam
beberapa tahun terakhir. Pengunjung dapat bekerja dengan cara mereka
melalui ruang sempit, periksa jebakan mematikan dan bahkan mengunjungi
pusat komando bawah tanah di mana serangan Tet itu direncanakan.
Beberapa terowongan hanya beberapa meter, sementara yang lain telah
diperluas untuk mengakomodasi wisatawan yang lebih besar.
17. Gotthard Base Tunnel
Lokasi : Erstfeld, Swiss
Latar
Belakang : Jika terowongan ini sudah selesai dikerjakan, ini akan
menjadi terowongan transportasi terpanjang dengan panjang lebih dari
35 kilometer. Pengeboran melalui Pegunungan Alpen Swiss bukanlah tugas
yang mudah, sehingga batas waktu untuk penyelesaian telah mundur
beberapa tahun, dan biaya telah meningkat sebesar miliaran euro.
Mengapa
Unik : Meskipun pegunungan, perjalanan kereta melalui Terowongan
Basis Gotthard akan tetap pada ketinggian yang hampir sama untuk
seluruh perjalanan. "Kebutuhan untuk mempertahankan elevasi adalah
suatu pertimbangan penting jika Anda ingin menjalankan rel kecepatan
tinggi melalui terowongan," kata Hashash. Dan sementara biaya proyek
telah meningkat, terowongan dapat memainkan peran penting dalam
meningkatkan perdagangan antara Swiss, Italia, Jerman, Austria dan
banyak negara Eropa lainnya.
Lokasi : Taroko National Park, Taiwan
Latar
Belakang : Struktur buatan manusia ini juga dikenal sebagai Tunnel of
Nine Turns, referensi ke gulungan naga cerita rakyat populer di Cina
dan mitologi.
Mengapa
Unik : The Tunnel of Nine Turns melalui tebing dan berjalan sepanjang
tepi sungai di Taroko National Park, sebuah daerah yang dikenal
karena kekayaan geologi, termasuk bentuk giok endemik ke Taiwan.
Selesai pada tahun 1996, struktur memberikan sekilas formasi marmer
alam yang unik, batu-batu yang jatuh walaupun tidak menimbulkan
ancaman nyata-dan helm mungkin diperlukan untuk pelancong.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan Tuliskan Komentar yang Membangun, Terima Kasih